[Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (kiri) menyerahkan penghargaan AIPA Distinguished Service Award kepada Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf (kanan) saat ceremony penyerahan AIPA Award di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2018). Foto : Kresno/Man]

 

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf meraih penghargaan AIPA Distinguished Service Award. Penghargaan diberikan atas kontribusinya terhadap keterlibatan perempuan di parlemen dan penguatan AIPA agar menjadi organisasi yang efektif dan mampu mengembangkan diplomasi parlemen negara ASEAN.

 

“Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh rakyat Indonesia,  khususnya perempuan. Ini merupakan kebanggaan bagi perempuan karena ternyata kita mendapatkan apresiasi tanpa melihat gender,” ungkap Nurhayati saat ceremony penyerahan AIPA Award di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

 

Nurhayati menuturkan, penghargaan tersebut patut disyukuri sebagai salah satu hasil kerja BKSAP untuk menjalankan mandat sesuai dengan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang menegaskan fungsi DPR RI dalam kerangka representasi rakyat dan mendukung upaya pemerintah dalam melaksanaan politik luar negeri.

 

“Karenanya, saya berharap prestasi yang saya raih dapat menjadi contoh bagi Anggota DPR RI lainnya agar bersemangat dan berdedikasi dalam melaksanakan diplomasi parlemen untuk kemajuan ASEAN," sambung legislator Partai Demokrat ini.

 

Nurhayati juga berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi perempuan lain untuk berpartisipasi dalam bidang politik dan meningkatkan kontribusi aktif pada peran-peran kepemimpinan masyarakat, khususnya di bidang kesetaraan gender.

 

Penyerahan AIPA Award diberikan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Ia mengatakan keterlibatan semua pihak adalah syarat mutlak bagi masa depan ASEAN. Untuk menjamin perubahan yang inklusif, AIPA dan ASEAN juga harus bekerja sama untuk memastikan bahwa Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan dilaksanakan secara efektif.

 

“Oleh karena itu, saya mengapresiasi kiprah DPR RI melalui BKSAP dalam mendorong berbagai kebijakan positif untuk mewujudkan ASEAN lebih baik," ucap Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI itu. (ann/sf)