[Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (paling kiri) saat menghadiri Sidang MSEAP-4. Foto: Dok/sf]

 

 

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon saat memimpin Delegasi Indonesia pada Sidang Pleno Pertemuan Keempat Ketua Parlemen Negara-Negara Eurasia atau The Fourth Meeting of the Speakers of Eurasian Countries’ Parliaments (MSEAP-4) memastikan, DPR RI siap menjadi tuan rumah MSEAP-5 pada tahun 2020 mendatang.

 

“Kesediaan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara MSEAP-5 adalah adanya keyakinan dan visi bahwa kerja sama antarparlemen di kawasan Eurasia sangat penting untuk mewujudkan tujuan bersama dengan prinsip keterbukaan, toleransi, dan penghormatan atas kedaulatan negara masing-masing” lanjut Fadli (F-Gerindra) di sela-sela Sidang MSEAP-4 di Nur-Sultan City, Kazakhstan, 23-24 September 2019.

 

Sidang MSEAP-4 dianggap sangat sukses karena dihadiri oleh 65 negara dan 10 organisasi, diataranya Ketua Parlemen dari 30 negara. Delegasi Indonesia turut diikuti oleh Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Nurhayati Ali Assegaf (F-PD), Wakil Ketua BKSAP Achmad Farial (F-PPP), dan Anggota BKSAP Evita Nursanty (F-PDI Perjuangan), Wiryanti Sukamdani (F-PDI Perjuangan), dan Putu Supadma Rudana (F-PD).

 

Agenda Sidang hari pertama adalah pertemuan drafting final document yang membahas dokumen keluaran MSEAP-4. Para Ketua Delegasi MSEAP menyepakati untuk memajukan kawasan Eurasia dengan memegang prinsip perdamaian, kerja sama integrasi ekonomi antarwilayah Eurasia, dan mengutuk keras terorisme dalam segala bentuk. Pada sesi penyusunan dokumen keluaran tersebut, para peserta juga menyepakati Indonesia sebagai tuan rumah MSEAP-5 tahun 2020.

 

Agenda Sidang hari kedua adalah Plenary Session dimana para Ketua Delegasi menyampaikan statement yang berisi pandangan politik negaranya terhadap isu-isu bersama di kawasan Eurasia. Fadli menyampaikan statement bahwa MSEAP berkontribusi signifikan terhadap pengembangan wilayah dengan mengutamakan kesejahteraan bersama, pertumbuhan inklusif, dan perdamaian. (sf)